Jumat, 07 Juni 2019

Tutorial menggunakan fasilitas mailing merge Microsoft word dalam membuat surat masal



Kali ini saya akan membuat tutorial membuat surat masal menggunakan fasilitas mall marge di microsft word. Beriku caranya:

Fungsi mail merge pada ms.word sangat membantu pengguna computer untuk membuat surat masal dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu persatu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat suatu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan dihubungkan dengan template surat.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mailing merge pada Ms. Word untuk membuat surat masal pada Ms. Word ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. buat template surat yang akan dibuat surat masal
2. klik menu mailings pada menu bar, selanjudnya pilih Select Recipient pada group Strart Mail Merge.
3. pada popup menu, pilih Type New List

4.selanjudnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.


5. hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.


6. selanjudnya klik ok dan pilih ok lagi pada jendela new address list. Kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama base anda dan  simpan.


 7.langka selanjudnya, buka folder dimana data base anda tersimpan. Data base yang tersimpan biasanya mempunyai formad access.




8.isi data base sesuai yang anda inginkan dan simpan

9. selanjudnya buka lembaran kerja Ms. Word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
10. selamat mencoba dan semoga bermanfaat 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar