Kali
ini saya akan membuat tutorial membuat surat masal menggunakan fasilitas mall
marge di microsft word. Beriku caranya:
Fungsi
mail merge pada ms.word sangat membantu pengguna computer untuk membuat surat
masal dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu persatu surat. Akan
tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat suatu template untuk semua
surat dan membuat data base yang akan dihubungkan dengan template surat.
Pada
postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan
menggunakan fungsi mailing merge pada Ms. Word untuk membuat surat masal pada
Ms. Word ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1.
buat template surat yang akan dibuat surat masal
2.
klik menu mailings pada menu bar, selanjudnya pilih Select Recipient pada group Strart
Mail Merge.
3. pada popup menu, pilih Type New List
4.selanjudnya
akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan
dengan kolom yang anda buat.
5. hapus data yang ada pada field
name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field
sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan
dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
6. selanjudnya klik ok dan pilih ok
lagi pada jendela new address list. Kemudian anda akan dibawa pada folder
dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama base anda dan simpan.
8.isi data base
sesuai yang anda inginkan dan simpan
9. selanjudnya
buka lembaran kerja Ms. Word anda, dan klik preview result untuk melihat
hasilnya.
10. selamat
mencoba dan semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar