Jumat, 07 Juni 2019

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography



Anda mungkin sering bingung cara menulis kutipan,daftar pustaka atau bibliography yang tepat walapun sudah ada petunjuknya.M.word memiliki solusi untuk mengatasi msalah ini dengan menyediakan fitur di word.sebenarnya memebuat kutipan dan daptar pustaka otomatis itu sangat mudah mungkin ada yang belum tau cara membuat kutipan dan daptar pustaka di M. word jadi silakan simak di bawah ini tentang cara membuat kutipan dan daftar pustaka dengan Citation Dan Bibliography.

Cara Membuat Kutipan Dan Daptar Pustaka Dengan Sumbernya
·         membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daptar pustaka ( bibliography )
1.      Menambahkan kutipan/citasi
daftar pustaka terdiri dari berbagai referensi yang harus anda tambahkan ketika anda mengutip informasi tertentu. Informasi yang ada anda dapatkan dari buku, majalah, maupun dari web pun bisa. Jadi, sebelum membuat daptar pustaka, tentu anda harus membuat kutipan.terlebih dahulu yang menunjukan bahwa ada informasi tertentu yang di ambil dari refrensi lain.
Untuk menambahkan kutipan dikalimat atau paragraf, klik kalian atau paragraf yang sudah anda copy atau ambil dari sumber referensi anda. Bisa anda masukan kutipan di akhir kalimat atau paragraf. Kemudian klik tab Refrences (1) > Insert Citation (2) > Add New Source...(3)
kemudian isi informasi mengenai sumber referensi anda. Anda tidak perlu mengisi semuanya seperti diatas, hanya yang penting-penting saja seperti tipe sumber referensi pakah informasi tersebut diambil dari buku, web atau lainya.sebagai contoh, penulisan memasukan website sebagi referensi. Masukan informasi lainnya seperti judul artikel, kapan dibuat, alamat situsnya, dll.jika sudah klik OK.
Gambar diatas menunjukkan bahwa kalimat atu paragraf tersebut di ambil dari kutipan yang sudah kita buat.

2.Menambahkan Daftar Pustaka Otomatis

Jika sudah menambahkan citasi, barulah kita bisa menambahkan daftar pustaka. Untuk membuat daftar pustaka otomatis, klik tab Refrences > Bibliography > Dan Pilihan Jenis Daftar Pustakanya.
Pada gambar diatas ada dua jenis gambar reprensi sumber referensi penulis gunakan. Yang pertama dari buku dan yang kedua adalah website. Bisa anda lihat bahwa formatnya berbeda sesuai jenis referensinya.


Jika formatnya bukan seperti, anda bisa mengubah format atau gaya daftar pustaka dengan cara klik tab references dan pilihan formadnya di “Style” seperti gamabar diatas.


Pada awalnya, penulis menggunakan formad “APA”. Kemudian setelah penulis ganti menjadi “ISO 690”. Hasilnya menjadi seperti diatas. Silakan pilih formad daftar pustaka seperti kebutuhan anda.
3.Mengatur Sumber Referensi


Jika citasi yang anda gunakan semakin banyak, akan sulit mengatur kutipan-kutipan tersebut. Namun anda tak perlu khawatir  anda bisa mengaturnya dengan mudah. Klik saja “ manage sources “ untuk melakukannya.


Selamat mencoba semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar