Anda mungkin sering
bingung cara menulis kutipan,daftar pustaka atau bibliography yang tepat walapun
sudah ada petunjuknya.M.word memiliki solusi untuk mengatasi msalah ini dengan
menyediakan fitur di word.sebenarnya memebuat kutipan dan daptar pustaka
otomatis itu sangat mudah mungkin ada yang belum tau cara membuat kutipan dan daptar
pustaka di M. word jadi silakan simak di bawah ini tentang cara membuat kutipan
dan daftar pustaka dengan Citation Dan
Bibliography.
Cara
Membuat Kutipan Dan Daptar Pustaka Dengan Sumbernya
·
membuat
kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daptar
pustaka ( bibliography )
1. Menambahkan
kutipan/citasi
daftar
pustaka terdiri dari berbagai referensi yang harus anda tambahkan ketika anda
mengutip informasi tertentu. Informasi yang ada anda dapatkan dari buku,
majalah, maupun dari web pun bisa. Jadi, sebelum membuat daptar pustaka, tentu
anda harus membuat kutipan.terlebih dahulu yang menunjukan bahwa ada informasi
tertentu yang di ambil dari refrensi lain.
Untuk
menambahkan kutipan
dikalimat atau paragraf, klik kalian atau paragraf yang sudah anda copy atau
ambil dari sumber referensi anda. Bisa anda masukan kutipan di akhir kalimat atau paragraf. Kemudian klik tab Refrences (1) > Insert Citation (2) >
Add New Source...(3)
kemudian
isi informasi mengenai sumber referensi anda. Anda tidak perlu mengisi semuanya
seperti diatas, hanya yang penting-penting saja seperti tipe sumber referensi
pakah informasi tersebut diambil dari buku, web atau lainya.sebagai contoh,
penulisan memasukan website sebagi referensi. Masukan informasi lainnya seperti
judul artikel, kapan dibuat, alamat situsnya, dll.jika sudah klik OK.
Gambar
diatas menunjukkan bahwa kalimat atu paragraf tersebut di ambil dari
kutipan yang sudah kita
buat.
2.Menambahkan Daftar Pustaka Otomatis
Jika
sudah menambahkan citasi, barulah kita bisa menambahkan daftar pustaka. Untuk
membuat daftar pustaka otomatis, klik tab Refrences
> Bibliography > Dan Pilihan Jenis Daftar Pustakanya.
Pada
gambar diatas ada dua jenis gambar reprensi sumber referensi penulis gunakan.
Yang pertama dari buku dan yang kedua adalah website. Bisa anda lihat bahwa
formatnya berbeda sesuai jenis referensinya.
Jika
formatnya bukan seperti, anda bisa mengubah format atau gaya daftar pustaka dengan
cara klik tab references dan pilihan formadnya di “Style” seperti gamabar diatas.
Pada awalnya, penulis menggunakan
formad “APA”. Kemudian setelah penulis ganti menjadi “ISO 690”. Hasilnya
menjadi seperti diatas. Silakan pilih formad daftar pustaka seperti kebutuhan
anda.
3.Mengatur
Sumber Referensi
Jika citasi yang anda gunakan
semakin banyak, akan sulit mengatur kutipan-kutipan tersebut. Namun anda tak
perlu khawatir anda bisa mengaturnya
dengan mudah. Klik saja “ manage sources “ untuk melakukannya.
Selamat
mencoba semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar